Minggu, 17 Desember 2023

Indonesian railway evolution

Industri kereta api di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan terutama dalam sistem dan juga pelayanan. Untuk KRL Commuter line sebenarnya gua gak terlalu kaget karena memang dulu pas gua masih gap year, gua naik kereta KRL hampir setiap hari. Pada tahun 2022 rute kereta api KRL sudah berubah dimana sekarang kalau mau pergi ke Jakarta Kota dari Bekasi harus transit dulu di Manggarai karena memang sekarang rute Bekasi akan mengarah ke Tanah Abang. Selain itu rute dari Bogor hanya tersedia untuk ke Jakarta Kota dan tidak ada yang ke Tanah Abang lagi sehingga penumpang yang dari Bogor harus transit Manggarai jika mau pergi ke Tanah Abang. 

Ya kurang lebih itu adalah sedikit basa basi tentang KRL Commuter, tapi disini yang ingin gua highlight adalah evolusi kereta api di Indonesia secara keseluruhan, terutama setelah pembukaan kereta cepat Jakarta Bandung yang diberi nama Whoosh. Gua pertama kali naik kereta itu ya kalo inget dulu KRL ekonomi yang gak punya pintu dan banyak yang bahkan manjat keatas kereta. Dulu tuh jadi orang Indonesia tuh berasa minder banget karena jika kita melihat negara tetangga kita, Singapura, Malaysia, bahkan Thialand itu justru mereka lebih maju dalam bidang ekonomi dan juga infrastruktur. Yang paling bikin minder lagi adalah pas film Mr Bean Holiday rilis pas tahun 2008 dimana ya semua bisa melihat majunya kereta di Inggris dan Perancis. Kemudian juga Jepang dengan Shinkansen dan juga China mulai aktif membangun kereta cepat. Gua yang tumbuh besar dengan orang tua yang sering pergi keluar negeri dan bokap gua dulu kerja di luar negeri sering mendapat cerita bagaimana majunya negara lain dan gua tuh merasa Indonesia itu yang paling ketinggalan. Gak usah jauh-jauh melihat negara seperti Jepang, Jerman, Perancis, kita bisa melihat negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Pertama kali gua menjajakan kaki di bandara Kuala Lumpur aja gua waktu itu sudah minder karena saat itu terminal tiga masih belum buka dan itu membuat gua udah langsung minder as soon as gua turun dari pesawat karena kualitas airport kita aja udah beda jauh banget. 

Well fast forward ke tahun 2023 gua bisa bilang perkembangan industri kereta api kita for the past 10 years itu sangat pesat dan lot's of changes that I really glad to see. Bulan Juni kemaren gua embarked on a journey ke Yogyakarta karena gua ada interview kerja dengan Susi Air di STKD Yogyakarta dan gua pergi kesana menggunakan kereta api karena ya menurut gua lebih konvenien daripada naik pesawat which requires me to arrive at the airport early and then with waiting, boarding dan lainnya technically gak beda jauh dengan kereta. Gua pergi kesana menggunakan kereta api Bangunkarta dan total perjalanan adalah 8 jam yang sebenarnya seharusnya 7 jam namun ya kalau kalian udah nonton video gua di Youtube bisa liat kalau kereta sempet mogok. Kereta Bangunkarta sendiri merupakan kereta campuran kelas eksekutif dan ekonomi dan saat gua melihat kereta ekonomi jujur aja gua cukup terkejut karena sudah sangat berbeda, kereta ekonomi saat ini sudah bisa dibilang setara dengan standard kereta ekonomi di Eropa dimana keretanya memiliki kursi yang at least bisa di recline, memiliki power socket dan yang paling penting sudah jauh lebih teratur kebanding dulu yang orang berdiri bahkan sampai manjat keatas kereta. 

Gua balik dari Yogyakarta menggunakan kereta api Argo Semeru yang sebarnya adalah kereta Bima versi siang. Kesan gua selama perjalanan kereta dari Yogyakarta sangat nyaman dan meskipun masih kereta yang ditarik lokomotif, tapi sudah tidak memalukkan lagi seperti pas gua masih kecil. Peningkatan lain yang gua sadari adalah banyak jalur tunggal yang sekarang udah jadi ganda dan juga koridor Jatinegara Bekasi sekarang udah 4 jalur sehingga memberi leluasa untuk KRL dan kereta intercity

Seperti yang kita tahu bahwa bulan Oktober kemaren kita baru aja membuka jalur kereta cepat antara Jakarta dan Bandung dan bulan lalu Alhamdulillah gua mendapat kesempatan untuk naik kereta cepat tersebut. Mungkin gua gak perlu kasih tau detail perjalanannya secara detil ya karena bisa langsung dilihat di Youtube gua tapi gua akan berbagi tentang pendapat gua aja disini. Kereta cepat Jakarta Bandung buat gua ya bisa dibilang milestone banget untuk Indonesia karena kita mempersembahkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara dan juga pada skala yang jauh lebih besar, kereta cepat pertama yang berada dibelahan selatan khatulistiwa. Satu hal yang gua sedikit gak puas dengan kereta cepat ini adalah gua berharap jalurnya bisa lebih panjang dari Jakarta Bandung, tapi bagi gua the most important thing is to start, karena memulai itu umumnya lebih sulit daripada melanjutkan. Jika tidak percaya dengan perkataan tersebut ya kita bisa melihat jauh ke barat di Amerika Serikat dimana mereka sudah memulai konstruksi kereta cepat sejak 2008 dan sampai sekarang belum selesai, rel aja belum dipasang. Melihat keselatan juga Australia juga gagal untuk memulai proyek mereka dan juga negara tetangga yang dulu bikin kita iri, Singapura dan Malaysia juga gagal dalam memulai. 





Ya paling segitu aja pendapat gua tentang kereta cepat dan gua hanya berharap semua pencapaian 1 dekade terakhir terus berlanjut. 

0 komentar:

Posting Komentar